Rahasia Cara Berternak Itik Petelur Yang Baik



Rahasia Cara Berternak Itik Petelur Yang Baikuntuk memulai usaha ternak sebenarnya tidak sulit, cukup dengan keyakinan dan pantang menyerah. Pada kali ini saya akan share rahasia cara berternak itik petelur yang baik.
Untuk berternak itik petelur pada saat ini dalam meraih peluang untuk tidaklah sulit, di karenakan konsumsi masyarat pada telur itik ini tidak ada hentinya, selain untuk di makan telur itik ini juga di manfaatkan sebagai obat.

Rahasia Cara Berternak Itik Petelur Yang Baik


Rahasia Cara Berternak Itik Petelur

Langsung saja kita mulai membahas Rahasia Cara Berternak Itik Petelur Yang Baik, di bawah ini :

Sarana & Kandang Itik Petelur

Pada tahap ini adalah tahap awal yang di butuhkan untuk berternak itik, yaitu sarana dan kandang yang aka kita gunakan untuk itik petelur.
1.      Suhu kandang yang akan kita siapkan untuk itik petelur ini bersuhu 35-40 derajat celcius.
2.      Kelembapan kandang tidak boleh lebih dari 60%
3.      Tata letak kandang yang bagus
4.      Penerangan yang cukup
5.      Persiapan kebutuhan seperti tempat untuk makan dan minum itik petelur.


Pembibitan Itik Petelur Unggul

Untuk pembibitan kita harus mencari bibit itik petelur yang bagus kalitasnya, di karenakan kunci sukses dalam berternak itik petelur adalah terletak padak bibit yang berkualitas. Hal itu karena semakin bibitnya berkualitas maka hasilnyapun memuaskan dan jika bibitnya tidak berkualitas maka hasilnya sebaliknya. Jadi carilah bibit yang berkualitas, dengan cara mebeli bibit kepada peternak yang terpercaya.

a.     Perawatan bibit itik petelur unggul

Setelah kita mendapatkan bibit yang berkualitas maka kita harus melakukan perawatan, Jagalah dan pastikan temperatur suhu dapat mencapai sudut kandang, agar semua bibit tersebut mendapatkan perawatan secara merata. Maksimal 1 meter persegi box atau kotak dapat menampung 50 ekor bibit. berikan pakan yang sesuai dengan usia itik, jika masih starter atau bakalan, maka berikan banyak vitamin dan mineral ke dalam air nya. Gunanya menjaga ketahanan itik dari hama dan penyakit yang disebabkan oleh stress.

b.     Perawatan calon induk itik

Setelah kita melalui proses perawatan bibit, ada baiknya kita segera menentukan kemana nantinya calon induk itik petelur akan dipasarkan, dan dalam bentuk apa. Ada dua jenis telur itik yang nantinya akan mempengaruhi proses produksi. Yang pertama yaitu calon induk itik untuk telur konsumsi, dan yang kedua adalah induk itik untuk telur tetasan. Dalam memproduksi telur tetasan, hal yang wajib kita sediakan adalah pejantan, umumnya satu pejantan harus kita persiapkan untuk 6 ekor itik betina. Untuk mendapatkan telur tetas yang subur dan terbuahi oleh pejantan, kita dapat mencapainya dengan pakan buatan maupun dengan perkawinan alami dengan itik betina. Untuk hal lainnya dalam perawatan, tidak ada hal lain yang membedakan. Oleh karena itu, sebaiknya penentuan telur itik kita lakukan sebelum calon induk layak produk.

Pemeliharaan & Pakan Itik Petelur

Pada tahap ini adalah tahap pemeliharaan, yang mana tahap pemeliharaan ini adalah faktor utama keberhasilan ternak itik petelur, ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam pemeliharaan, yaitu dengan kebersihan kandang, konsultasi penyakit pada dokter hewan, dan yang terakhir  adalah pemberian pakan.

 

Pemanenan & Pemasaran Telur Itik

Waktu untuk memanen hasil itik petelur ini adalah pukul 6 pagi, di karenakan pada dini hari sampai subuh itik petelur masih bertelur, jadi di pastikan pada pukul 6 pagi mereka sudah berhneti bertelur. Setelah kita memanen maka kita harus memasarkannya.
Untuk memasarkan hasil dari itik petelur ini sangat mudah, seperti yang telah saya bilang di atas tadi bahwasannya kebutuhan masyarak denga telur itik ini sangat tinggi, jadi untuk menjualnnya pun sangatlah mudah.

Demikian tadi sedikit informasi mengenai Rahasia Cara Berternak Itik PetelurYang Baik, terima kasih telah membaca artikel saya ini mengenai Berternak itik petelur, semoga Rahasia Cara Berternak Itik Petelur Yang Baik dapat bermanfaat bagi kita. Terima kasih.

Previous
Next Post »

5 komentar

Click here for komentar
hendrat tri
admin
20 April 2015 02.03 ×

Mantap tips rahasia berternak itik petelur

Reply
avatar
6 Mei 2015 07.46 ×

Waduuuuh aku gak pertamax kie malian aseeeem hehehehe

Reply
avatar
Alumni 2015
admin
6 Mei 2015 07.48 ×

wkwkwkwk ngopo mas e

Reply
avatar
zaky achmad
admin
7 Mei 2015 14.40 ×

Kira-kira butuh modal berapa ya gan?

Reply
avatar
Alumni 2015
admin
8 Mei 2015 21.53 ×

kalo untuk yang masih sederhana berkisaran 2.5 juta mas

Reply
avatar
Thanks for your comment