Rahasia Hebat Berternak Jangkrik Terbaru



Rahasia Hebat Berternak Jangkrik Terbaru
 

1. Dimulai Dengan Menentukan Lokasi Kandang Jangkrik Yang tepat

Untuk Beternak jangkrik memang sebaiknya memilih lokasi dan model Kandang jangkrik yang sesuai dengan kriteria lingkungan hidup jangkrik, karena seperti yang kita ketahui Jangkrik bisa dibilang hewan musiman bukan berarti hanya ada pada musim tertentu namun ini lebih pada kehidupan/populasi Normal hanya saat-saat musim tertentu. 

Misalnya saja jangkrik banyak hidup diarea persawahan dimana tanah kering dan udara panas tepatnya menjelang musim penghujan Populasi Jangkrik meningkat tajam namun juga tidak semua area disinggahi oleh populasi jangkrik ini. Misalnya saja dari sekitar 100 petak sawah hanya sekitar 12-15 petak saja yang banyak terdapat Jangkrik sedangkan lainya sangat jarang bahkan hampir tidak ada. Ini juga dapat menjadi pelajaran bahwa jangkrik memilih lokasi yang cocok untuk hidupnya, jika lokasi kurang sesuai maka akan ditinggalkan atau tidak dapat bertahan walaupun lokasi masih dalam satu area.


Lokasi yang Baik Untuk Kandang Ternak Jangkrik
  1. Kandang sebaiknya terletak pada tempat yang sunyi dan sirkulasi udara yang baik untuk penyesuaian suhu ruangan.
  2. Ruangan untuk Kandang Jangkrik tidak boleh terkena matahari secara langsung
  3. Penempatan kandang Jangkrik sebaiknya di tempatkan jauh dari pepohonan agar dapat menyerap matahari secara bebas.
  4. Jauh dari kandang hewan ternak yang lain agar tidak mengganggu
  5. Hindari tempat yang bancak Predator seperti semut, cicak, tokek, tikus dll.
Jika anda sudah melakukan tahap pertama yaitu Lokasi yang Baik Untuk Kandang Ternak Jangkrik, maka anda selanjutnya memasuki tahap yang kedua yaitu Membuat Kandang Untuk Ternak Jangkrik. Check It Out..



2. Membuat Kandang Untuk Ternak Jangkrik

Membuat kandang untuk Ternak jangkrik dengan baik sama halnya dengan membangun sebuah gubuk, yang mana untuk luas ruangnya di sesuaikan dengan kebutuhan Ternak Jangkrik yang akan kita Pelihara.


Spesifikasi Kandang Jangkrik Ideal/Gubuk :
  • Lantai dasar harus kering, entah itu menggunakan tanah, semen Cor atau yang lain, yang jelas tidak terlalu lembap.
  • Lantai haruslah tinggi, agar kelembapan tetap terjaga walau musim hujan.
  • Tembok semi batako, yaitu 1,5 meter batako dan pada bagian atasnya asbes dan angin2.
  • Atau tembok berupa asbes bagian atas bethek bambu untuk angin2.
  • Tembok juga dapat berupa bethek bambu dan pada bagian luar diberi plastik terpal sebagai penutup untuk menjaga suhu lingkungan.
  • Atap berupa asbes karena dengan asbes suhu lingkungan akan lebih stabil dan tetap hangat walaupun saat hujan.
  • Tinggi atap miring 2,5m - 3,5/4m jangan terlalu tinggi agar ruangan tetap hangat tidak terlalu banyak angin yang masuk.
  • Selanjutnya kandang dapat diatur sesuai rancangan masing2 peternak! namun usahakan kriteria seperti yang diatas untuk memedahkan dalam beradaptasi saat pergantian musim.
Setelah tahap Membuat Kandang Untuk Ternak Jangkrik telah selesai, kini saatnya anda mepersiapkan kotak BOX untuk Budidaya Jangkrik.


3. Membuat Kandang Jangkrik Box

Model kandang jangkrik BOX ini terbuat dari triplek yang di buat menyerupai peti akan tetapi di beri kaki-kaki untuk menghindari semut predator.
Yang mana kaki-kaki tersebut akan di lumuri oleh dan di bawah kaki-kaki juga di beri wadah yang di berikan oli. Hal ini di lakukan agar para predator tidak bisa menjangkau Kandang Jangkrik tersebut.


Cara Membuat Kandang Jangkrik dimulai dengan mencari bahan baku berupa:
  1. Kayu reng/kayu untuk memasang genting yang diapasang diatas pasak. Kayu ini dipakai untuk rangka box/kandang pemeliharaan jangkrik.
  2. Triplex/plywood yang nanti dipakai untuk tembok atau dinding dan alas kandang/box
  3. Paku yang dipakai untuk merakit reng dan triplex menjadi box/kandang jangkrik.
  4. Semen putih/mill yang dipakai untuk melumuri dinding kandang.
  5. Lakban coklat yang dipakai untuk pembatas dibagian atas kandang agar jangkrik tidak dapat kabur.
  6. Waring/jaring ikan dipakai untuk penutup bagian atas supaya predator seperti ngengat dan tokek dan cecak tidak masuk kedalam kandang saat keadaan terbuka.
  7. Bambu yang digunakan untuk bahan pembuat tutup kandang yang dipadukan dengan terpal plastik.
  8. Terpal plastik untuk penutup kandang, Model Kandang Ternak Jangkrik ini yang menjadi standart di tempat kami.
Setelah Bahan di atas sudah anda dapatkan maka anda tinggal membuatnya, dan kemudian kita memasuki tahap berikutnya yaitu Membuat Penutup Box kandang jangkrik.
 

4. Membuat Penutup Box Kadang Jangkrik

Fungsi Tutup ini selain mencegah jangkrik kabur namun juga berfungsi untuk mencegah para predator masuk kedalam kandang. Bagaimanakah cara membuat penutup Box kandang jangkrik ? mari kita bahas dibawah ini:

Pertama Kita siapkan bahan berupa kayu reng seperti bahan untuk Membuat Kandang Jangkrik Kecil sekitar 3 buah untuk 1 kandang, lalu kita buat sesuai ukuran panjang dan lebar kandang.
Kemudian setelah jadi kita pasangkan plastik terpal ke rangka yang sudah dibuat tadi. Setelah jadi maka tinggal memasangkan waring kekandang jangkrik dibuat agar dapat dilepas dan dibuka dengan memasang beberapa paku kecil disetiap sisi mulut kandang, lalu tutup yang sudah kita buat dapat dipasangkan. 

Adapun cara kedua ini yaitu dengan memasangkan waring ke rangka yang telah dibuat, kemudian terpal plastik dipasang diatas rangka tadi jadi jika ingin membuka tutup cukup melipat plastik terpal saja dengan tutup kayu yang dipasang waring tetap terpasang dikandang.

Saya kira anda sudah paham mengenai fungsi dari kandang tersebut, dan jika anda mungkin tidak ada waktu untuk membuat Kandang jangrik, anda bisa membelinya di toko terdekat. Selanjutnya adalah tahap akhir yaitu Media Untuk Tempat Hidup Dalam Kandang Jangkrik.


5. Media Untuk Tempat Hidup Dalam Kandang Jangkrik

Selain menyiapkan kandang untuk ternak jangkrik, disini kita juga harus Membuat media untuk tempat hidup si jangkrik, yang di gunakan untuk membutanya yaitu TRE bekas wadah telur ayam yang terbuat dari bahan semacam kertas karton. 

Tre berfungsi sebagai tempat merambat dan bersembunyi jangkrik layaknya hidup dialam bebas. Tre ditata didalam kotak pemeliharaan / BOX dengan cara ditumpuk antar kaki-kakinya agar terbentuk ruang antar tre yang nantinya menjadi ruang hidup jangkrik mulai dari menetas hingga panen.


Cara Menata Tre Dalam Kandang Jangkrik

Pertama yang harus di lakukan adalah mencari tre bekas, kenapa bekas ? ha ini tentunya untuk menghemat pengeluaran. Selanjutnya tre di jemur di terik matahari sekitar 6 jam, hal ini di lakukan agar mempermudah untuk membersihkan tre dari kotoran ayam.

Setelah tre siap kini saatnya anda menata tre dalam kandang. Dimulai dengan menata satu tingkat merata secukupnya, jika salah satu sisi tidak muat sebaiknya dikosongkan saja sementara. Lalu untuk tumpukan tre kedua ditata berlawanan agar tre tidak menyatu, jadi didalam terbentuk rongga yang nantinya digunakan jangkrik untuk bersembunyi layaknya dialam liar. Untuk tempat yang kosong tadi dapat anda beri tre yang agak jelek ditekuk dan ditata ditempat yang kosong tadi. 


Itu tadi artikel mengenai Rahasia Hebat Berternak Jangkrik Terbaru, semoga artikel Rahasia Hebat Berternak Jangkrik Terbaru dapat bermanfaat bagi kita dan baca juga Rahasia Berternak Belut yang Menguntungkan, Terima kasih.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment